Rabu, 08 April 2015

Data Base Manajemen Sistem Modul 1 (SISTEKBD)

MODUL 1
DATA BASE MANAJEMEN SISTEM
Ø  Dasar Teori
Microsoft SQL Server merupakan aplikasi database handal yang digunakan oleh sebagian besar perusahaan terkemuka di dunia termasuk  Indonesia. SQL Server merupakan pendobrak dan inovasi database modern yang mengetengahkan kemudahan, kecepatan dan kecanggihan dalam mengelola database modern berskala kecil, menengah dan besar sehingga Microsoft SQL server mendapat julukan The Next Generation Database. Dengan demikian, Microsoft SQL adalah sebuah database relational yang dirancang untuk mendukung aplikasi dengan arsitektur client/server, dimana database terdapat pada komputer pusat yang disebut sebagai server dan informasi digunakan bersama-sama oleh beberapa user yang menjalankan aplikasi dalam komputer local yang disebut dengan client.

Ø  Analisis Hasil Praktikum
a.      Pengertian Basis Data/Database
Basis yaitu suatu yang bisa disebut dengan markas, kumpulan, penampung dan lain sebagainya. Data yaitu suatu informasi yang bersifat fakta/nyata akan adanya beberapa hal yang terkandung di dalamnya.
Dengan demikian, Basis Data merupakan aplikasi yang di dalamnya terdapat beberapa hal penting berupa table, view, indeks, dan lain sebagainya.


b.      System Basis Data/Data Base Management System
System basis data merupakan perpaduan antara basis data dan system manajemen basis data atau sering disebut SMBD. Data Base Management System adalah suatu system atau perangkat lunak dapat mengelola basis data dengan banyak menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna, contohnya akuntansi, sumber daya manusia, dan lain-lain.
Dengan system tersebut terdapat beberapa komponen, diantaranya :
·         Perangkat Keras (Hardware)
·         System Operasi (Operating System)
·         Basis Data (Database)
·         Database Management System (DBMS)
·         Pemakai (user)
·         Aplikasi Lain (Other Aplication)
Komponen lainnya :
Table, berfungsi sebagai penyimpan data yang dikelompokan dari record yaitu baris dan field yaitu kolom
Database Diagram, berfungsi untuk menampilkan representasi berupa grafik dari table, indeks, dan view tertentu yang disimpan oleh database itu sendiri.
Indeks, befungsi untuk file-file tambahan yang meningkatkan kecepatan akses dari baris-baris table.
View, yaitu table virtual yang isinya ditentukan oleh query ke dalam database.
Triggers, prosedur tersimpan secara otomatis dijalankan apabila data didalam table mengalami perubahan seperti mengupdate, delete dan insert.i data langsung di dalam Microsoft SQL server tersebut.

Ø  Tugas
     Untuk tugas download saja di link berikut :


Ø  Kesimpulan
Membuat suatu Basis Data dengan Basis Data Manajemen System membutuhkan ketelitian dalam menjalankan operasi terhadap data yang diinputkan serta harus memperhatikan beberapa komponennya. Dalam menjalankan data tersebut, haruslah memperhatikan langkah-langkah yang benar terutama dalam operasi data langsung di dalam Microsoft SQL server tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar